BOARDING SCHOOL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

MANAJEMEN
SMA “ PINTAR “
BOARDING SCHOOL
KABUPATEN KUANTAN SINGINGI


Landasan Hukum
1.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah .
3.Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuanganantara pemerintah Pusat dan Daerah
4.Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
5.Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan,Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak,
Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi dan KotaBatam.
6. Peraturan Daerah Nomor 38 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi
7. Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2006 Rencana Strategis Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2006 – 2011.

Pengertian pintar
1.Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KUBI), edisi ketiga Departemen Pendidikan Nasional , Balai Pustaka, “ PINTAR “ ( kata sifat ) artinya
a. Pandai; cakap
b. Cerdik; banyak akal
c. Mahir; (melakukan atau mengerjakan sesuatu )

2.Berdasarkan Kamus Bahsa Indonesia – Melayu Riau,Depdiknas,tahun 2005.
“ PINTAR “ ( Kata sifat ) artinya :Pandai,cerdek,panjang akal

PINTAR “ singkatan dari :
P = Pandai
I = Inisiatif
N= Nasionalisme
T= Terampil
A= Aman
R= Rasional

I. MANAJEMEN SEKOLAH
1.1 Perencanaan sekolah
a.Identifikasi Masalah
b.Keterlibatan guru
c.Dukungan lainnya
d.Program Kerja
e.RAPBS

1.2 Pelaksanaan
a.Pengelolaan siswa
b.Pengelolaan guru/Tenaga Pendidik
c.Pengelolaan Kurikulum
d.Pengelolaan PBM
e.Pengelolaan Fasilitas
f.Pengelolaan Keuangan
g.Pengelolaan DUDIMAS

1.3 Pengawasan
a.Monitoring Kinerja
b.Pengawasan PBM
c.Evaluasi Pelaksanaan Program
d.Tindak lanjut

II. STRATEGI PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
2.1 Perencanaan Pengajaran dan Pembelajaran
a.PSB
b.Kelender Pendidikan
c.Jadwal Pelajaran
d.Pembagian Tugas
e.Satuan Pelajaran
Kegiatan Penunjang

2.2 Pelaksanaan Pengajaran dan Pembelajaran
a.Pengelolaan siswa (Klassikal/Mandiri
b.Pengelolaan Kelas
c.Pengadaan dan Penggunaan buku
d.engadaan dan Penggunaan Alat Pelajaran
e.Motivasi dan Inovasi pembelajaran
f.Upaya maksimal dukungan orang tua dalam PBM
g.Upaya meningkatkan mutu kenaikan kelas , UNAS dan UMPTN

2.3 Pengawasan Pengajaran dan Pembelajaran
a.Monitoring PBM
b.Supervisi PBM
c.Evaluasi Pelaksanaan PBM
d.Tindak lanjut PBM
III. INOVASI PENDIDIKAN

3.1 Perencanaan Inovasi Pendidikan
a.Inovasi dalam kebijakan mutu pengajaran guru
b.Inovasi dalam kebijakan mutu pembelajaran siswa
c.Inovasi dalam mutu lomba

3.2 Pelaksanaan Inovasi Pendidikan
a.Pelaksanaan kebijakan mutu pengajaran guru
b.Pelaksanaan kebijakan mutu pembelajaran siswa
c.Pelaksanaan mutu ( Prestasi ) lomba-lomba

3.3 Pengawasan Inovasi Pendidikan
a.Monitoring program Inovasi
b.Evaluasi Hasil Pencapaian Mutu Pendidikan
c.Tindak lanjut Inovasi
IV. KINERJA DAN DISIPLIN

4.1 Perencanaan
a.Kerja dan disiplin guru

b.Kinerja dan disiplin Tenaga Kependidikan
c.Disiplin siswa
V. DANA PENDIDIKAN

5.1 Perencanaan Dana Pendidikan
a. Sumber Dana
b. Penggunaan Dana
c. Pihak Pengelolaan Keuangan

5.2 Pelaksanaan Dana Pendidikan
a.Sumber Dana ( Jumlah, masalah,target,dll )
b.Penggunaan Dana ( Tepat waktu,tepat sasaran,tepat jumlah )
c.Pihak Pengelola Keuangan ( tepat orang,sikap,keahlian,dll )

5.3 Pengawasan Dana Pendidikan
a.Pengawasan Penggunaan dana
b.Tindak lanjut
VI.PEMBERDAYAAN KEMITRAAN

6.1 Perencanaan Kemitraan Sekolah dgn DUDIMAS
a.Identifikasi Kebutuhan sekolah
b.Mitra Dunia Usaha
c.Mitra Dunia Industri

6.2 Pelaksanaan Kemitraan Sekolah dan DUDIMAS
a.Pelaksanaan Mitra dengan Dunia Usaha
b.Pelaksanaan Mitra dengan Dunia Industri
c.Pelaksanaan Mitra dengan Masyarakat

6.3 Pengawasan Kemitraan Sekolah denganDUDIMAS
a.Pengawasan Mitra dengan DUDIMAS
b.Pengawasan Mitra dengan Dunia Industri
c.Pengawasan Mitra dengan Masyarakat
VII. MONITORING DAN PENGAWASAN

7.1 Perencanaan Monitoring dan Pengawasan
Identifikasi Kebutuhan Menuju Kegiatan yg Efektif dan Efisien
Personil Pengawas
Schedule dan Target

Program Tidak Lanjut
7.2 Pelaksanaan Monitoring dan Pengawasan
Kegiatan Siswa
Kegiatan Guru dan Tenaga Kependidikan
7.3 Pengawasan Monitoring dan Pengawasan
Pengawasan Penggunaan Dana
Pengawasan PBM
Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan PBM
Tidak lanjut

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN RINTISAN SMA PINTAR
KAB.KUANTAN SINGINGI
. Manajemen Sekolah, yang terdiri dari :
a. Manajemen Sumber Daya Manusia
b. Manajemen Sumber Daya Keuangan
c. Manajemen Sumber Daya Material
d. Proses Pembelajaran
e. Penilaian terhadap peserta didik
f. Kegiatan organisasi OSIS dan Ekstrakurikuler.
g. Kebersihan dan Penataan
h. Iklim Sekolah
i. Keamanan dan kenyamanan kerja

Manajemen Kelas, yang dilaksanakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan meliputi ;
a.Pemilihan metode pemebelajaran yang tepat
b.Persiapan mengajar
c.Persiapan materi pelajaran
d.Pelaksanaan proses belajar mengajar
e.Penyiapan instrumen evaluasi
f.Penciptaan suasana yang kondusif untuk PBM, dan komunikasi dialogis.

3. Peserta didik atau siswa, yang menjadi fokus dari proses pendidikan senantiasa
Harus diikutsertakan dan dilibatkan dalam keseluruhan kegiatan pendidikan.Peserta didik perlu diransang dan dibantu dalam perkembangannya, baik perkembangan cipta, rasa, dan karsa,aupun perkembangan dan pertumbuhan fisiknya.
Partisipasi orang tua peserta didik, yang tergabung dalam wadah organisasi Komite Sekolah atau Badan Pembantu Pelaksanaan Pendidikan ( BP 3), atau Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG), dan masyarakat pada umumnya, antara lain; terhadap berbagai program dan kegiatan sekolah,dan upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

BEBERAPA CATATAN PENTING DALAM RANGKA PELAKSANAAN
SMA PINTAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI.

1.Melalui pendekatan holistik, yaitu dengan memberdayakan semua komponen pendidikan agar dapat berfungsi optimal, sehingga menghasilkan sinergi kerja yang maksimal, dengan kata lain pendekatan “ total football “

2.Mengubah cara berpikir linear atau bersifat rutinitas, karena segalanya cepat mengalami perkembangan dan perubahan.

3.Semua program dan kegiatan terutama terfokus untuk kemajuan dan kualitas peserta didik.

4.Pengelolaan sekolah secara terus menerus perlu dibenahi dan diperbaiki, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta tuntutan zaman.

5.Perlu komitmen bersama bagi semua anggota komunitas sekolah untuk melaksanakan program sekolah ‘ Pintar
Perlu kerja keras dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan Sekolah “PINTAR “

7.Secara bertahap dan bergilir sarana dan prasarana pendidikan diupayakan untuk dilengkapi

8.Kesejahteraan pendidik dan pegawai lainnya senantiasa semakin meningkat dari waktu-ke waktu.

1.Motto
Motto SMA “ Pintar ” Kabupaten Kuantan Singingi adalah
IMAN – TAQWA
singkatan dari :
Ber-Ilmu , Ber-iman, terampil, aman, Ber-qualitas, serta Ber-Wawasan Wiyatamandala

2. Visi SMA “Pintar ” Kabupaten Kuantan Singingi adalah :
“ BERPRESTASI IPTEK, BERKEPRIBADIAN IMTAQ “
MISI


1.Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara effektif dan effisien

2.Meningkatkan kualitas disiplin belajar-mengajar dan etos kerja

3.Mengembangkan dan mengamalkan ajaran agama sebagai pedoman hidup

4.Membina jati diri, prestise dan meningkatkan percaya diri, serta meningkatkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah

5.Mengutamakan kebersamaan ,kondusifitas hubungan kemitraan internal dan eksternal

6.Mengedepankan asfek pelayanan, akuntabilitas dan transfaransi kepada stake-holders.

Meningkatkembangkan life-skill (Kecakapan hidup) peserta didik bidang :
a.Olahraga prestasi
b.Seni-budaya daerah
c.English Club
d.Tekhnologi informasi dan Komunikasi
e.Kegiatan Keagamaan/Kerohanian dengan kegiatan :
Yasinan
Seni baca Alqur’an
Seni Kaligrafi
Kelompok Siswa Peduli Sekolah (KSPS) melalui kegiatan Infaq,sadaqah,dan akaf.
Safari Ramadhan, dan Zakat Fitrah

Strategi Pengembangan
1. Optimalisasi pedidikan agama
a.Penguasaan dan pengintegrasian IMTAQ dengan IPTEK dalam lingkup baik teori maupun praktek.

bAplikasi IMTAQ dan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalin keserasian hubungan kemitraan dan human relation.

2.Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif ( pengaturan, pengelolaan, pengadaan sarana/fasilitas dan lingkungan yang ASRI, dan berwawasan Wiyatamandala

3.Mengembangkan dan memacu professionalisme personal sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.

4.Meningkatkan ketangguhan daya saing yang tinggi (competitive advantages), sehingga mampu merebut peluang pada persaingan
memperebutkan kursi di Perguruan Tinggi favorit baik di Sumatera maupun di Pulau Jawa.

5.Meningkatkan ketangguhan moral ( akhlak ), daya juang, kreativitas, efisiensi, inovasi, tanpa kehilangan jati diri sebagai warga yang religius.

6.Menumbuhkan sikap disiplin yang kompentitif setiap warga sekolah melalui kegiatan intra dan ekstra kurukuler.

7.Meningkatkan keterpaduan kekuatan sekolah, keluarga dan masyarakat dalam lingkup manajemen berbasis sekolah sehingga terwujud suatu kekuatan sinergis untuk mencapai hasil yang optimal.

8.Optimalisasi korelasi kegiatan belajar mengajar dengan kompetensi peserta didik, sehingga out put sesuai dengan harapan masyarakat.

9.Meningkatkembangkan lingkungan sekolah yang demokratis, transparan dan partisipatif.
Standar Kompetensi Siswa
Setiap siswa tamatan SMA “ PINTAR “ diharapkan :
•Memiliki keyakinan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
•Memiliki nilai dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan.
•Menguasai pengetahuan dan keterampilan akademik serta beretos belajar dalam untuk melanjutkan pendidikan.
•Mengalihgunakan kemampuan akademik dan keterampilan hidup masyarakat lokal dan global.
•Berekspresi dan menghargai seni dan olahraga.
•Menjaga kebersihan, kesehatan, dan kebugaran jasmani
•Berpartisipasi dan berwawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis.

6. Kurikulum
Kurikulum yang digunakan adalah :
a.Kurikulum 2004 ( Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK ).
b.Kurikulum 2006 ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP )
( Penambahan Mata Pelajaran Muatan Lokal dan Pengembangan Diri ).
Ketenagaan
Ketenagaan pada SMA “ Pintar “ Kab. Kuantan Singingi :
1.Kepala Sekolah
2.Wakil kepala Sekolah
Urusan kurikulum
Urusan kesiswaan
Urusan Sarana dan Prasarana
Urusan Hubungan Masyarakat
3.Kepala Urusan Tata Usaha
4.Pegawai
5.Guru
Rekrutmen
1.Kepala Sekolah, melalui Fit and Profer Test.
2.Guru, melaui Test akademik dan Psycho Test.
3.Pegawai, melalui seleksi kinerja.
4.Siswa, melalui :
a.Seleksi Bibit Unggul Sekolah
b.Test Akademik, dan psycho Test
c.Siswa berprestasi pada bidang: Seni, agama, olahraga dan Keterampilan lainnya.
d.Kuota PSB adalah :
Didalam Kabupaten 100 %, diluar Kabupaten 0 %.
. The Hidden Curriculum Of SMA “ Pintar” Kab. Kuantan Singingi.
Efektifitas KBM dilaksanakan 5 ( lima ) hari.
Khusus Hari Sabtu adalah kegiatan Ekskul dan Remedi
Boarding School ( Sekolah asrama ).
ne day long learning ( Belajar sepanjang hari )
3 in 1 program ( SMA, SMK, dan MA )
Trilingual Communication ( Bhs. Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab )
NO SMOKING AREA
DINAS DIKPORA KUANSING

Sumber:

http://caniagosimandolak.blogspot.com

Tentang smanpintarkuansing

SMAN Pintar Kuantan Singingi berada di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau Indonesia
Pos ini dipublikasikan di SMA Pintar Kuantan Singingi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s