SEMINAR PENDIDIKAN BERSAMA ISJONI DI KUANSING

IMG_2069

IMG_2056

Beberapa waktu yang lalu 12 Juni 2009, DPD KNPI Kuantan Singingi mengadakan seminar pendidikan yang bertema

“Mewujudkan Pendidikan Kuantan Singingi yang berkualitas yang mampu dan mandiri”

DPD KNPI Kuantan Singingi menghadirkan Ketua PGRI Riau DR.H Isjoni, M.S.i. Tema yang disampaikan Isjoni , Stretegi, Mutu Pendidikan dan Profesional Guru.

Beberapa Isi dari Seminar Pendidikan bersma Isjoni yang saya “tangkap”

Peranan Guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Untuk itu guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya dalam kerangka pembangunan pendidikan.

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki keahlian, tanggung jawab, dan rasa kesejawatan yang didukung oleh etika profesi yang kuat.

Kualitas profesionelisme ada lima kriteria sperti:

1. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal, jelas sekali bahwa guru memilki profesionalisme tinggi.

2. Meningkatkan dan memelihara citra profesi dengan perwujudan seperti penampilan, cara bicara, penggunaan bahasa, postur, sikap hidup sehari-hari, hubungan antar pribadi.

3. Keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keteremapilnannya. Berbagai kesempatan yang dimanfaatkan seperti; Mengikuti kegiatan ilmiah, lokakarya, seminar, Mengikuti penataran, melakukakan penelitian dan pengabdian masyaraka, membuat karya ilmiah, memasuki organisasi profesi.

4.Mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesi. Guru yang memiliki profesionalisme tinggi akan selalu aktfi dalam seluruh kegiatan dan perilakunya untuk kualitas yang ideal. Secara kritis ia akan selalu mencari dan secara aktifselalu memperbaiki diri untuk memperoleh hal-hal yang lebih baik dalam melaksanakan tugasnya.

5. Memiliki kebanggaan terhadap profesinya. Profesionalisme ditandai dengan kualitas derajat kebanggaan akan profesi yang dipegangnya. Dalam kaitan ini diharapkan agar para guru memiliki rasa bangga dan percaya diri. (www.ronaldorozalino.com)

Tentang smanpintarkuansing

SMAN Pintar Kuantan Singingi berada di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Kuantan Singingi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s