Pekan Budaya Kuantan Singingi 2009: Pacu Jalur di Teluk Kuantan Kab. Kuantan Singingi

Ass.. Salam anak KUANSING…!
Anak Kuantan bermain gasing
Bermain gasing dengan teratur
Jangan ngaku anak Kuansing
Kalau tidak suka Pacu Jalur…

Well,,pa kabar ni anak kuansing semua??khususnya para pecinta seni budaya Kuantan Singingi.. Gimana pacu jalur tahun ini?? seru dong… Upzz,,sebagai anak Kuansing asli,,kita harus bangga dan terus melestarikan budaya kita agar tetap lestari sampai anak cucu..hihihi…
Ngomong2 soal pacu jalur ni,,pacu jalur memang sudah sangat lekat dengan kehidupan orang-orang Kuansing,, karena memang pacu jalur adalah sebuah kebudayaan yang sudah berlangsung lebih dari satu abad.. Karena pada masa kolonial Belanda sudah ada.. Mau tau gak ceritanya?? Tapi menurut sepengetahuanku ajja yaa.. Dulunya,,pacu jalur diperingati untuk merayakan birthdaynya Ratu Belanda, yaitu Ratu Wihelmina.. Selain itu,,menurut ceritanya,ada yang mengatakan zaman dahulu itu jalur hanya di khususkan untuk para pemuka adat,,seperti Datuk-Datuk.. dan karena wilayah di Kabupaten Kuantan Singingi ini banyak sungai,, zaman dulu itu,, jalur juga digunakan untuk sarana transportasi… Ya klo sekarang so pasti untuk memeriahkan serta memperingati hari kemerdekaan Indonesia..Gimana??oke gk ceritanya??? Ni,,akuu juga mau liatin ke teman2 semua jalur yang menjadi raja di gelanggang pacu jalur tepian Nerosa Teluk Kuantan yang dilaksanakan pada 6-9 Agustus 2009 lalu…:

Puti Mandi Mayang Terurai beserta tukang onjayy,,(hihi,,org Kuantan bilangnya gitu sih..)

Oke,,kita crita2 lagi ya…Pada saat pacu jalur udah tiba di Teluk Kuantan,,Kota Teluk Kuantan jadi ramai sekali,,baik oleh para pengunjung lokal maupun para pengunjung dari luar kota.. Menurut hasil survey kecil2an yang telah saya lakukan,,banyak orang asli Kuansing yang merabtau ke luar kota pulang ke Kota Teluk Kuantan ketika musim pacu jalur yang merupakan event nasional ini digelar… Dan ada sebagaian dari mereka yang mengatakan bahwa rasanya tidak enak klo tidak nonton pacu jalur.. Begitu lah sedikit gambaran mengenai pacu jalur di hati masyarakat Kuantan Singingi… semuanya semangat euy klo udah musim pacu jalur tiba.. dan menurut kabarnya ni,,daerah yang memiliki jalur yang handal alias jalurnya yang jagoan,,masyarakat di daerah itu berbondong2 dengan antusian mendatangi kota Teluk Kuantan untuk melihat jalur jagoannya berlaga di gelanggang pacu jalur…dan daerah itu menjadi sunyi..hihi..smngat 45 banget ya… (Ya donk,, kan demi budaya sendiri..)

Hmmm,,,teman2 aku jg mau liatin ke teman2 smua tentang suasana di tengah keramaian pada saat pacu jalur…

ni keramaian yg dapat kita lihat di penyebrangan yang menghubungkan pasar Taluk dengan Seberang Taluk

nah,,ni dia alat transportasi di sungai kuantan.biasanya pada saat pacu jalur selalu full.asik ya

nag,,klo yang ini keramaian yang dpt kita liahat di pasir tepi sungai kuantan..biasanya banyak yang jualan lho..ya kan pacu jalur juga memengaruhi perekonomian masyarakat setempat atau sekitarnya,,karena banyak pedagang yang berdatangan untuk berjualan di sekitar arena pacu jalur..ukh,,pokonya,,budaya ku oke banget deeeh…

uhm,,,dah tau kan gimana rame dan serunya pacu jalur.. dan sekarang saat nya aku bagi2 cerita…

Ni cerita bukan sembarang cerita,,,karena aku juga baru tahu ini dan aku juga ngeliat secara langsung prosesnya…mau tau itu apa??penasaran kan…read it well,okay…
Hei,, temen2,,ternyata sebelum pemacu itu berlaga di arena,,mereka biasanya dikumpulin dulu disuatu tempat untuk diberi pengarahan oleh pengurus jalurnya..trus disana juga ada pawang yang membacakan semacam bacaan mistic gitu deh,,aku juga gak ngerti,,katanya sih sebelum berpacu memang harus ada pawangnya,,dan ada juga anak kecil yang bertugas menjadi tukang tari di bagian depan jalur..,tukang tari ini,,biasanya dia menari-nari untuk menunjukkan jalurnya unggul..jalur ini diisi oleh pemacu sebanyak 40-60 orang….terdiri dari pemacu,,1 tukang tari,1 tukang onjay,,dan 1 timbo ruang..(hihi,,keren kan..tukang tari,tukang onjay,n timbo ruang ini bahasa daerah ku..)
ni,,liat gambarnya ya,,

pada saat anak pacu diberi pengarahan oleh pengurus jalurnya..

nah,,anak kecil yang baju biru itu adalah tukang tarinya..

oia,,teman2 tau gak,,ternyata tukang tarinya di bacain mantra2 gitu juga lho,,nah ini ritual yang paling menarik menurut ku,,apa lagi ngeliat langsung..

setelah diberi pengarahan,anak pacu pun turun ke sungai dan menaiki jalurnya,pertanda mereka siap bertarung..

setelah menaiki jalur,,jalur2 kembali dibacakan mantra2 oleh pawangnya,,liat tu pawangnya ada di depan jalur…


heii,,yg tengah2 itu yg namanya tukang timboruang..

eits,,tukang onjay juga udh ready ni…heheh..

bye,,bye,,,jalur siap bertarung dan menuju start…

(jalur yang menjadi object:SOSOPAN OLANG PUTIAH dari desa Seberang Taluk,,)

Nah,,gimana teman2ku,,serukan budaya ku..dan tentunya mantap juga dong…dari tadi TIWI sudah banyak cerita tentang budaya ku.. seru bgt… tentunya budaya ini gak kan pernah ku lupakan,,bak kato je urang Kuantan “Dak kan sodap kalau dak kan nonton pacu,,,” “Pacu jalur di hati,Pacu Jalur dinanti..”Oke deh,,makasih ya buat yang udah baca tentang budaya ku… Aku bangga menjadi orang Kuansing…Dan,,bagi yang penasaran dengan pacu jalur,,jangan lupa datang ke Kabupaten Kuantan Singingi setiap bulan Agustus ya,,klo mngenai service,,ok deh,,penginapan banyak,,orang jualan mkanan tradisional ada,,pacu jalur expo juga ada,,pasar malm ada,,ya,, bnyak lg deh,,,dan yg plg hrus diingt,,,di sekitar arena pacu bnyak tribun kok untuk nonton pacu,,jd jngn tkut kpnasan ya…hihi….

Anak kociak duduak beribo
Inyo beribo dek menangi
Kalau Agustus tibo
Jangan Lupo ke Kuantan Singingi
Cukup sekian dari saya,,,Salam anak Kuansing…..!! Assalammualaikum Wr.Wb…

Sumber:tiwinicegirl.blogspot.com

Admin

Tentang smanpintarkuansing

SMAN Pintar Kuantan Singingi berada di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan Siswa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s