Halal Bihalal Civitas SMA Pintar Kuantan Singingi di Mushola Babussalam Jake

IMG_4996

Mushalla Ababussalam Tempat Halal Bihalal

IMG_5052

Ust. Lasmiadi, S.Pd.I Penceramah Halal Bihalal

IMG_5044

Pembukaan Halal Bihalal oleh H. Zulhefis S.Pd Kepala SMA Pintar Kuantan Singingi


IMG_5040

IMG_5071

IMG_5031

IMG_5033

IMG_5062

Kegiatan Halal Bihalal berlangsung

IMG_5131

IMG_5123

IMG_5135

Poto Bersama Usai Halal Bihalal

Seputar Halal Bihalal Civitas SMA Pintar

Kuantan Singingi


Teluk Kuantan, Jum’at, 9 oktober 2009, Keluarga besar SMA PINTAR Kuantan Singingi mengadakan acara halal bi halal di Mushalah Babussalam, desa Jake. Acara yang di acara oleh osis SMA PINTAR Kuantan Singingi itu, dihadiri oleh seluruh civitas akademika SMA PINTAR dan juga dihadiri oleh Kades Jake dan Cerdik pandai yang ada di jake.

Acara yang diawali oleh gema wahyu ilahi oleh Riska Faulina dan saritilawah oleh Riskia Fuzinanda membuat acara tambah khidmat. Seluruh siswa siswi SMA PINTAR Kuantan Singingi mengikuti acara halal bi halal dengan tenang. setelah pembacaan ayat suci al-quran, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari kepala SMA PINTAR Kuantan Singingi. Dalam sambutannya, beliau berharap semoga dengan peringatan Halal bi halal ini bisa meningkatkan keimanan kita pada Allah SWT, serta menambah keakraban diantara kita.

Setelah sambutan dari kepala SMA PINTAR Kuantan Singingi, dilanjutkan dengan Santapan Rohani dari Ust. Lasmiadi, S.Pd.I. Pada awal pidatonya, beliau menceritakan betapa pentingnya kita berkunjung ke rumah Allah, sepeti mesjid atau mushalah. sebelum masuk ke tempat ibadah, dosa-dosa yang kita miliki di tahan oleh para malaikat di luar tempat ibadah. sehingga ketika kita berada dalam tempat ibadah, kita berada dalam keadaan yang suci, setelah keluar dari tempat ibadah, dosa-dosa kita di hapuskan. begitu sempurnanya islam. Semoga kita tidak bosan berkunjung kerumah Allah.Intinya, barang siapa yang lalai menuju rumah Allah, berarti ia enggan menghapus dosanya.

Menurut firman Allah, tidak ada keharusan dalam pelaksanaan halal bi halal, namun Allah sangat meridoi acara ini. dengan tujuan untuk meningkatkan iman dan takwa serata meningkatkan persaudaraan dan keakraban di antara kita.

Dalam santapan rohaninya, beliau menyampaikan beberapa hal yang harus dimiliki setiap manusia.

1. Iman sebagai lahan yang subur.
Maksudnya disini, ibarat kita menanam bibit unggul di lahan yang subur,tapi tidak ada pagar yang kokoh, hal ini akan percuma.
Kita harus benar-benar yakin kepada Allah SWT, bahwa sesuatu yang kita lihat, yang sesuatu yang kita dengan dan kita perbuat adalah Allah yang mengatur, contohnya gempa yang terjadi baru-baru ini di Sumatera Barat sehingga kita harus beriman dan benar-benar yakin kepada Allah dan janganlah sekali-kali kita mempersekutukan Allah.

Suatu kisah pernah menceritakan: allah pernah menguji nabi musa dengan sakit gigi, lalu Allah memerintahkannya untuk mengambil rumput sebagai obat, lalu nabi musa langsung sembuh. Kemudian Allah mengujinya kembali, nabi musa kembali sakit gigi, dan beliau mengambil rumput itu, tapi penyakitnya semakin parah. Intinya, yang menyembuhkan suatu penyakit itu bukanlah obat, namun Allah SWT. Hal ini lah yang mengharuskan kita semakin yakin dan meningkatkan iman pada Allah SWT.

2. Islam sebagai bibit unggul

Pada bulan ramadhan, kita telah banyak melakukan amal ibadah yang baik, banyak mengerjakan ibadah, hal inilah yang benar-benar islam. Dan hadist juga menyebutkan “Sungguh beruntung orang yang beribadah pada bulan ramadhan, dan sungguh merugi mereka-mereka yang tidak beribadah di bulan Ramadhan. Dan semoga ibadah yang telah kita biasakan di bulan Ramadhan, tetap dipertahankan pada hari-hari di luar bulan Ramadhan. Dengan harapan agar kita menjadi bibit yang unggul.

3. Yang terakhir adalah ikhsan, sebagai pagar yang kokoh. Sebagai umat islam, yang menjadi pagar kokoh adalah menjadi insan-insan yang jujur dalam perkataan serta perbuatan. Karena dengan kejujuran kita bisa di percayai semua orang dan dengan kejujuran kita bisa melaksankan semua aktivitas dengan baik. Karena orang-orang yang jujur di sayang Allah dan akan dimasukkan ke dalam surga-Nya. Dan Allah juga menyukai orang-orang yang menyucikan dirinya.

Demikianlah inti dari santapan rohani yang disampaikan oleh Ust. Lasmiadi,S.Pd.I.

Setelah acara santapan rohani, acara halal bi halal keluarga besar SMA PINTAR pun berakhir.

Dengan harapan, semoga dengan acara ini, kita bisa mengambil hikmah untuk meningkatkan keimanan dan takwa kita serta meningkatkan keakaraban diantara kita.

Laporan Wilda Septi Pratiwi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Pintar Kuantan Singingi.

Humas SMA Pintar Kuantan Singingi

Tentang smanpintarkuansing

SMAN Pintar Kuantan Singingi berada di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan SMA Pintar Kuantan Singingi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s