Memburu Perguruan Tinggi Favorit

Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA baru aja kelar. Setelah ini mau ke mana ya? Mau langsung ke dunia kerja? Mau lanjut kuliah atau kawin? Yang jelas opsi ketiga ini pastinya nggak deh! Aku kan masih muda….

AKHIRNYA bebas juga dari seragam putih abu-abu yang sudah tiga tahun kita kenakan hampir setiap harinya. Ya setidaknya setelah pengunguman kelulusan UN 2010 besok. Nah, next goal adalah benar-benar menentukan masa depan, apakah langsung mau cari kerja atau nyambung kuliah.

Pastinya sebagian Sobat Xpresi (SobeX) mau melanjutkan kuliah bukan? Wah.. kenapa tidak? Suasana kuliah beda banget sama masa-masa SMA cuy! Bayangin aja jika SMA saat ini kamu masih harus pakai baju seragam, sepatu harus hitam, rambut harus cepak maka kuliah nanti, jadi mahasiswa atau mahasiswi nanti SobeX bebas berXpresi, pakai baju apa saja, gaya apa saja bisa! Tapi jangan bayangin gaya ala Texas ya, tetap aja kalo kuliah itu harus rapi.

Saat ini, khususnya di kota Pekanbaru sudah banyak pilihan perguruan tinggi, tidak seperti beberapa tahun lalu dimana perguruan tinggi masih sedikit. Hmm.. kalo SobeX pengen kuliah di luar kota misalnya di Jakarta, Jogja atau Bandung juga boleh bermimpi kok. Saat ini sudah banyak siswa asal Riau berkuliah di kota-kota tujuan perguruan tinggi favorit.

Pilihan itu tergantung pada masing-masing SobeX. Mau kuliah di Pekanbaru atau di luar nggak ada yang maksain. Namun yang penting SobeX harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah, yang ada di dalam pikiran tentu dapat masuk ke perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan. Sesuai keinginan juga masih dalam berbagai bentuk, tergantung pada mood SobeX. Apakah ingin masuk perguruan tinggi negeri di kota sendiri, atau mau lanjut ke universitas di luar kota. Bahkan ada keinginan beberapa SobeX, biarlah perguruan tinggi swasta asalkan di Jakarta.

Terlepas dari bagaimana perguruan tinggi yang bagus negeri atau swasta, hal yang perlu SobeX ketahui adalah kualitas dan status favorit suatu instansi pendidikan untuk mahasiswa itu. SobeX harus percaya lho kalo status negeri atau swasta belum tahu menjamin kualitas suatu perguruan tinggi.

Favorit dan Berkualitas

Perguruan tinggi yang bagaimana yang dapat dikategorikan sebagai perguruan berkualitas dan yang mana pula yang tersertifikasi sebagai perguruan tinggi favorit? Kriteria citra perguruan tinggi favorit (idaman) dapat dilihat dari visi misi perguruan tinggi, status akreditasi, kurikulum, staf pengajar, aktivitas kemahasiswaan dan kualitas alumni yang mampu bersaing di bidangnya, serta penilaian dari luar perguruan tinggi seperti opini masyarakat.

Disamping itu, memilih dengan kriteria spesifikasi keahlian artinya penilaian ke arah fakultas atau jurusan/program studi. Perguruan tinggi favorit biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam hal jurusan/program studi.

Nah, SobeX juga harus pintar-pintar melihatnya apakah itu efek komersial (kesempatan kerja) dari jurusan/program studi tersebut. Seperti fakultas kedokteran, hukum, teknik, dan fakultas ekonomi sampai sekarang masih banyak diminati. Penilaian terhadap performa suatu perguruan tinggi favorit juga dapat SobeX lihat keberhasilannya dalam mewujudkan misi yang tercermin dalam kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi-nya. Ketiga bentuk kegiatan tersebut adalah kegiatan dalam bidang pendidikan, kegiatan dalam bi-dang penelitian, dan kegiatan dalam bidang pelayanan masyarakat (laporan EEDP, 1998).

Perguruan tinggi terbaik yang akan dikategorikan favorit dan berkualitas dalam upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terlihat jelas dalam beberapa kriteria diantaranya status akreditasi, kurikulum up to date, staf pengajar, fasilitas kampus, kemahasiswaan, beasiswa dan lulusan berkualitas dan relevan dengan Kebutuhan.

So, SobeX harus memperhatikan hal-hal di atas, cari tahu dan tanya sana-sini. Jika kriteria diatas ada pada sebuah perguruan tinggi dan sesuai minat dan bakat SobeX apalagi yang tunggu, setelah lulus (amin…), daftar segera! (Hendrawan-SJ) Source: xpresiriau.com

Tentang smanpintarkuansing

SMAN Pintar Kuantan Singingi berada di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Perguruan Tinggi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s