Maju Selangkah dengan Memperingati Hari Kartini

tokoh-hari-kartini

Semua teman-teman pasti udah tau bukan tentang hari kartini?? yups tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Hari kelahiran Raden Ajeng Kartini yang merupakan pejuang emansipasi perempuan.

Untuk mengingat jasa-jasa RA Kartini dalam menegakkan dan memperjuangkan hak perempuan, maka setiap tanggal 21 April diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia untuk mengingat jasa-jasa yang telah diberikan oleh RA Kartini.

Ada banyak kegiatan yang sering dilakukan untuk memperingati hari Kartini ini. Antara lain adalah dengan melakukan pawai yang melibatkan anak-anak. Anak yang mengikuti kegiatan ini biasanya didandani memakai pakaian adat suatu daerah. Baik perempuan maupun laki-laki. Dan pakaian adat yang dipergunakan biasanya identik dengan kebaya.

Selain itu, juga sering diadakan perlombaan-perlombaan lain yang diadakan di sekolah. Seperti lomba merangkai bunga atau perlombaan laki-laki memasak nasi goreng.
Seperti yang diakui cewek manis bernama Wan ANiska di SMAN 9 Pekanbaru. Doski selalu memperingati Hari Kartini dengan mengikuti perlombaan baju kebaya di sekolahnya. Dan peringatan itu selalu dirayakannya dengan guru dan teman-teman di sekolahnya.

“ Setiap peringatan hari kartini, osis punya program hiburan. Salah satunya program lomba fashion baju kebaya. Siapa yang terbagus nantinya bakal mendapat hadiah dan piala. Dan lomba kebaya itu diperuntukan murid dan guru,” cuap cewek yang akrab dipanggil Nissa ini.

Sama halnya dengan cewek berjilbab ini. Doski mengatakan bahwa setiap peringatan Hari KArtini, sekolahnya menggelar berbagai jenis perlombaan. Seperti fashion baju kebaya, puisi, dan band. Ngga diragukan lagi doski selalu ikut dalam kegiatan setahun sekali ini.

” Biasanya kebaya yang aku pakai bukan pakai kebaya tapi baju adat minang. kan nggak hanya baju kebaya identik dengan hari Kartini,” tuturnya siswa SMP Dakwah Rumbai ini.

Lain halnya dengan Meiliena cewek blasteran cines dan jawa ini. Doski mengatakan nggak ada acara spesial yang dibuat oleh sekolah untuk peringatan hari kartini.” Hanya saja aku tau kalo tanggal 21 April adalah peringatan Hari KArtini,” ujar siswi SMA Santa MAria ini. Tapi taukah kamu dengan memperingati hari kartini kita selangkah lebih maju??? koq bisa… Yups karena memperingati hari kartini menyadarkan kita dengan emansipasi perempuan.

Karena arti dari emansipasi wanita menyadarkan perempuan dengan kebebasan yang dimilki. Emansipasi wanita memberi wanita kesempatan bekerja, belajar, dan berkarya seperti halnya para pria.Bebas untuk sekolah, mendapatkan gelar, mendapatkan kedudukan tertinggi. Jadi pahamilah arti dari hari kartini jangan hanya merayakannya. (mela SJ)Source: xpresiriau.com

Tentang smanpintarkuansing

SMAN Pintar Kuantan Singingi berada di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau Indonesia
Pos ini dipublikasikan di HUT. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s